Beranda

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Saya orangnya agak sedikit pendiam, tapi saya orang baik-baik. saya tertarik kepada orang yang jujur, tidak sombong, dan dapat dipercaya.

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 19 Februari 2011

KOMPONEN-KOMPONEN YANG TERDAPAT PADA CPU

KOMPONEN-KOMPONEN YANG TERDAPAT PADA CPU

Prosesor
RAM



RAM (Random Access Memory) adalah memory sementara atau alat penyimpan data sementara untuk diproses di processor/CPU atau dipindahkan ke tempat lain (misalnya harddisk). RAM tidak bisa menyimpan data, begitu daya listrik mati maka isinya juga hilang. Besaran Ram ditentukan oleh rumus MB ada 128 MB 256 MB 512 MB 1 GB dan seterusnya.
Di dalam ranah komputer mengenal beberapa jenis memori, tetapi saya batasi hanya memori yang masih beredar di pasaran baik second maupun baru.
SDRAM
Single Data RAM adalah memori yang biasa di pakai di komputer Pentium 3 kebawah. kadang ditemukan juga di Pentium 4 awal.

RAM jenis SDRAM adalah dengan istilah PC100 dan PC133
DDRAM ( DDR1 )
Double Data, adalah jenis memori yang dipakai untuk Pentium 4 ke atas *

Memori jenis DDR2 iniada beberapa jenis PC1800 PC2100 PC2700 dan PC3200
DDR2

Perbedaan DDR1 dengan DDR2 bentuknya yang agak mirip dan beda clock, RAM kedua jenis ini tidak bisa dipakai sembarangan DDR2 biasanya dipakai untuk komputer yang berprosesor Dual Core / Core 2 Duo. Lock di mulai dengan PC4200 PC5300 PC6400

VGA ( Video Graphics Array )


VGA Card adalah sebuah peripheral slot ekspansi yang ditancapkan ke motherboard. Fungsi Vga sendiri adalah memproses gambar dan video, kerja komputer terberat adalah memproses gambar, ini pekerjaan yang tidak ringan bahkan bisa dikatakan kerja berat, maka untuk menghindari kerja berat seperti ini dibutuhkan sebuah prosesor lagi, kalo kita mengenal prosesor sebagai otak komputer seperti Intel Pentium / Core 2 Duo / Dual Core / AMD, maka VGA Card juga mempunyai prosesor, prosesor ini diusung oleh dua pabrikan yang selalu berseteru sejak dulu, ATi Radeon yang dimiliki oleh AMD ( prosesor saingan Intel ) dan Nvidia. Besaran VGA sendiri dihitung dari jumlah memori yang diusung misal VGA dengan Ram 128 MB, maka VGA tersebut mempunyai ruang untuk memproses gambar samai 128 MB dan tidak menggambil memori utama komputer ( baca makalah RAM ), berbeda dengan VGA Onboard, untuk motherboard jenis onboard besaran memori mengambil memori utama alias share, jika onoardnya 128 Mb dan sebuah komputer mempunyai RAM 256 maka komputer hanya bekerja dengan RAM 128, karena yang 128 Mb digunakan untuk proses VGA.
Ada dua jenis VGA yang beredar di pasaran, yang membedakan VGA tersebut adalah VGA AGP dan VGA Pcie 16 X
VGA AGP

VGA PCIe 16X








Yang membedakan adalah jenis slotnya ( lihat yang berwarna kuning emas bagian bawah
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
• Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
• Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
• Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

Hardisk

Hardisk adalah sebuah media penyimpanan yang menggunakan plater atau besi yang tahan banting dalam putaran tertentu, besaran hardisk sekarang ini dalam satuan GB

Ada dua jenis hardisk yang saat ini lazim dipakai untuk komputer rumahan yaitu hardisk jenis PATA dan SATA, perbedaannya pada interface kabel yang dipakai. PATA biasanya dipakai pada komputer model lama



Optik Drive


Drive optik ini gunanya bermacam-macam. Untuk instalasi program komputer ada dua macam yang bersifat ROM dan RW, yang ROM hanya bisa baca dan yang RW bisa untuk membakar /rekam.




Casing


Casing adalah rumah peripheral komputer, coba anda bayangkan jika komputer tanpa casing. Casing sendiri ibarat rumah untuk menaungi peripheral komputer, casing biasanya sudah ada PSUnya alias power suply unit.











Power Supply
Power supply biasanya jadi satu paket dengan casing kecuali anda membeli terpisah, memang jarang membeli casing terpisah dengan psu, kecuali memang suka sama bentukcasing tetapi mengganti psu dengan yang lebih baik.
Terima kasih


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About